Kandungan Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang kurang begitu suka makan bawang merah dengan alasan takut mulutnya menjadi bau, atau karena memang tidak suka dengan rasanya. Namun di sisi lain, dibalik semua kekurangannya bawang merah menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. klik Obat Herbal Penebalan Dinding Rahim Paling Ampuh


Berdasarkan hasil penelitian, bawang merah memiliki beberapa kandungan penting yang jarang ada di sayuran atau bahan makanan lainnya. Kandungan-kandungan tersebut berperan untuk mempromosikan kesehatan tubuh yang lebih baik. Beberapa diantaranya adalah :

  • Quercetin

Bawang merah memiliki kandungan bernama quercetin yang bersifat antioksidan, dan juga anti inflamasi. Dengan adanya kandungan tersebut, bawang merah dipercaya bisa membantu mencegah terjadinya kanker. Selain itu, quercetin juga dinilai ampuh dalam menyembuhkan demam atau flu.

  • Allicin

Selain quercetin, terdapat juga kandungan allicin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, mengkonsumsi bawang merah secara rutin diketahui bisa membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah di itik normal. Selain itu, allicin yang terkandung di dalamnya juga mampu membantu mengatasi ketombe. klik Pengobatan Penyakit Turun Peranakan

  • Organosulphur

Studi menunjukkan bahwa bawang merah mengandung organosulphur yang tinggi, yaitu senyawa sulfur yang secara efektif dapat membantu mengatasi kanker lambung dan kanker prostat. Senyawa ini bisa menciptakan lapisan pelindung ketika tubuh bergerilya melawan kanker di kelenjar perut dan prostat.

  • Onionin A

Bumbu dapur yang sering dilibatkan dalam bermacam-macam masakan Indonesia ini diketahui juga mengandung Onionin A. Senyawa ini cukup efektif untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh berbagai penyakit. Adanya onionin A diyakini mampu mengurangi rasa sakit baik itu permanen maupun sementara. Mengkonsumsi bawang merah secara rutin juga akan membantu mengatasi alergi, asma, dan arthritis (radang sendi).

Maka dari itu, ada baiknya bagi anda yang tidak suka bawang mulai mempertimbangkan kembali untuk mencobanya. Untuk tahap awal, anda bisa melibatkannya pada masakan favorit anda, misalnya sate ayam. Umumnya sate ayam juga disertakan irisan bawang merah sebagai pelengkap. Anda juga bisa melibatkannya ke masakan-masakan lain.

Kandungan Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh